Pages

Rabu, 03 April 2013

Perencanaan Pembangunan BPS

Perencanaan Pembangunan Bidan Praktek Swasta(BPS)

Di daerah mojokerto terdapat sebuah dusun bernama dusun gemekan,saya berencana akan membuka praktek BPS di dusun tersebut.Keadaan kebersihannya sudah baik ,sehingga saya berencana untuk lebih meningkatkan  kebersihannya dan setiap bulan memberikan penyuluhan kesehatan dan pentingnya hidup sehat dan bersih,sehingga para warga akan lebih mengerti apa arti hidup sehat dan bersih itu.Dan kebersihan itu harus di awali dari kebersihan diri sendiri dulu baru setelah itu lingkungan terdekat mereka seperti keadaan rumah yang sehat dan bersih.Selain itu saya akan mengadakan Minggu Sehat setiap seminggu sekali diisi dengan senam pagi dan kerja bakti bersama-sama membersihkan lingkungan sekitarnya,selain untuk kebersihan dan kesehatan itu juga dapat menjaga kekompakan para warga dan membiasakan untuk bekerjasama antar para warga .Setiap dua minggu sekali saya akan melakukan observasi secara bergantian  ke rumah-rumah warga untuk mengetahui bagaimana sebenarnya keadaan jasmani dan lingkungan mereka dan melakukan tanya jawab tentang keadaan mereka terutama para ibu,bayi dan anak.
Keadaan sosialisasi para warga juga sudah baik seperti jika ada tetangga yang membutuhkan bantuan tetangga lainnya maka tetangga lainnya itu pasti akan bersedia untuk membangun.Namun yang kurang adalah kegiatan di dusun ini tidak berjalan dengan baik,apalagi kegiatan untuk para ibu dan remaja putrid,sehingga saya berencana untuk mengadakan kegiatan-kegiatan positif yang dapat menambah pengetahuan mereka seperti:kegiatan ibu-ibu PKK,arisan rutin setiap bulan untuk para ibu namun bukan ajang untuk ngerumpi tapin di selingi dengan penyuluhan kesehatan yang dapat menambah pengetahuan para ibu dan ada waktu  tanya jawab.Dan bagi para remaja saya terutama remaja putri saya akan memberikan penyuluhan tentang  kesehatan reproduksi,kehidupan remaja yang sehat dan benar serta saya akan memberikan topik-topik yang menarik sehingga mereka tidak merasa bosan dan juga memberi waktu untuk tanya jawab.
Di dusun ini juga tidak pernah kekurangan air,karena masih banyak warga yang mempunyai sumber air(sumur) di masing-masing rumahnya.Namun masih ada beberapa keluarga yang tidak mempunyai WC,sehingga jika mereka akan BAB harus pergi ke jamban  umum yang sebelumnya mereka harus membawa air sendiri untuk membersihkan setelah mereka BAB dan ada juga yang pergi ke sungai.Keadaan seperti ini sangat tidak efisien dan juga tidak bersih,sehingga saya berencana untuk mngusulkan membangun toilet umum/WC dengan biaya iuran para warga dusun gemekan gang1 dan setiap seminggu sekali di adakan kerja bakti untuk membersihkan toilet umum/WC tersebut.
Selain itu saya akan berusaha menjadi bidan yang professional,ramah,dapat berkomunikasi dengan baik,dapat memberi solusi kepada pasien yang baik dan benar,mengerti keinginan pasien,dapat menjadi sahabat bagi para ibu,bayi,anak dan remaja putri serta memberikan pelayanan yang sesuai standard dan  bermutu bagi semuanya terutama bayi,anak dan ibu.Saya juga akan membuat kotak saran untuk setiap pasien atau warga yang ingin memberikan kritik atau saran terhadap pelayanan yang saya berikan kepada mereka.
Semoga yang saya rencanakan dapat terlaksana…amin.

0 komentar:

Posting Komentar